tips-bisnis

Strategi Pemasaran Untuk Perusahaan Jasa (Yang Mudah Diterapkan)

March 01, 2018 Impresiku Indonesia

Apakah strategi pemasaran diperlukan untuk mengembangkan perusahaan? Tentu, sebuah bisnis di bidang apapun pasti membutuhkan strategi pemasaran agar bisnisnya lebih maju. Berbisnis pada perusahaan di bidang jasa juga memerlukan strategi - strategi yang efektif untuk pemasarannya. Sebuah strategi pemasaran layaknya nyawa dalam bisnis yang menentukan kehidupan dan perkembangan bisnis yang dikelola. Menentukan strategi pemasaran di bidang jasa memang tidak mudah. Bagaimana strategi pemasaran untuk perusahaan jasa yang efektif dan mudah diaplikasikan? Berikut ini beberapa strategi pemasaran untuk perusahaan jasa yang dapat menjadi referensi bagi para pebisnis di bidang jasa.

Apakah Yang Dimaksud Strategi Pemasaran?

marketing chart

Strategi pemasaran pada dasarnya merupakan langkah atau cara tepat yang digunakan untuk memasarkan produk atau jasa agar mencapai tujuan yang telah ditentukan oleh perusahaan yang bersangkutan. Pemasaran dalam bahasa asing biasanya populer dengan nama marketing yang berarti kegiatan menciptakan atau menjalin relasi dengan masyarakat umum.

Kegiatan pemasaran pada dasarnya menggunakan strategi pemenuhan keperluan dan kebutuhan masyarakat. Berawal dari pemenuhan kebutuhan masyarakat, kemudian menetapkan harga barang atau jasa, pendistribusian barang atau jasa yang diperlukan kemudian mempromosikan atau memasarkan.

Mengingat strategi pemasaran demi memajukan potensi - potensi perusahaan sangat penting, tentunya memilih strategi tidak boleh sembarangan. Perlu ada langkah tepat dalam memilih strategi pemasaran, khususnya strategi pemasaran untuk perusahaan jasa. Perusahaan di bidang jasa memang lebih sulit dalam menentukan strategi yang tepat untuk pemasarannya. Ada berbagai faktor yang selanjutnya menjadi pertimbangan yang cukup sulit untuk mengembangkan dan memajukan perusahaan di bidang layanan jasa.

Tujuan Strategi Pemasaran

Di dalam berbisnis hal yang paling utama adalah selalu mengenai kepuasan konsumen. Berikut ini beberapa tujuan yang perlu diketahui pada strategi pemasaran untuk perusahaan jasa atau perusahaan produk.

  1. Supaya pihak konsumen dapat mengetahui produk atau jasa yang ditawarkan secara rinci.
  2. Mengenalkan barang atau jasa kepada calon pelanggan dengan cara dan langkah yang cocok dan tepat.
  3. Strategi pemasaran digunakan untuk mencapai tujuan yang telah ditargetkan oleh perusahaan yang bersangkutan.

Tipe Strategi Pemasaran Perusahaan Jasa

3 marketing tips

Pada umumnya, di dalam sebuah penentuan strategi untuk perusahaan secara umum ada setidaknya tiga tipe yang digunakan dalam memasarkan barang atau produk. Beberapa strategi pemasaran secara umum, yaitu meliputi strategi pemasaran eksternal, pemasaran internal dan pemasaran interaktif.

  • Tipe Pemasaran Internal
Konsep pemansaran internal bermula dari pemikiran bahwa jika kesejahteraan karyawan di pelihara, maka jasa yang diberikan oleh mereka akan lebih baik. Faktor internal perusahaan seperti keakraban dan kesolidan tim akan sangat menentukan pelayanan kepada konsumen. Perusahaan di bidang jasa setidaknya menitikberatkan strategi pemasaran pada karyawan yang bekerja dalam melayani para konsumen. Motivasi dan penguatan pada kinerja karyawan sangat penting dalam keberhasilan pemasaran jasa.
Misalkan, para management di anjurkan mendidik team mereka dengan memberikan motivasi dan menanamkan kepercayaan diri untuk selalu bangga terhadap pekerjaan yang dilakukannya.
  • Tipe Pemasaran Interaktif

Pemasaran interaktif merupakan sebuah langkah di mana interaksi antara staff karyawan dengan para konsumen sebagai salah satu penentu kepuasan konsumen. Di dalam strategi pemasaran untuk perusahaan jasa, para pelanggan akan menilai kualitas jasa dari keahlian para staff karyawan yang melayaninya. Hal-hal sederhana seperti senyum, menyapa, menerima keluhan dengan sabar, sering kali perlu di tekankan dan di latih ulang setiap saat. Bagi perusahaan jasa yang menyepelekan hal-hal seperti ini, dan tidak melakukan pelatihan ulang secara reguler, akan perlahan lahan menurunkan kualitas jasa mereka. Ini lah yang membedakan suatu perusahaan jasa yang kompetitif dan yang tidak.

  • Tipe Pemasaran Eksternal

Pemasaran eksternal adalah aktifitas yang dilakukan oleh manajemen perusahaan dalam upaya untuk mengerti peluang dan merancang suatu strategi di pasar. Hal-hal tersebut adalah seperti perancangan promo, diskon, pemasangan iklan, penentuan harga jual pada saat-saat tertentu, survey kebutuhan dan keluhan pasar, dll.

Berbeda dengan perusahaan barang atau produk yang mengedepankan kualitas produk yang ditawarkan, pada perusahaan jasa salah satu ujung tombaknya adalah pelayanan dari karyawan. Interaksi yang bagus dari karyawan yang bekerja di perusahaan jasa dengan para pelanggan menjadi nyawa dalam strategi pemasaran untuk perusahaan jasa. Oleh karena itu, di dalam pengembangan strategi pemasaran, perusahaan harus mengedepankan tiga strategi di atas agar penjualan jasa berjalan dengan lancar.

Teknik yang digunakan dalam memasarkan produk dan jasa sangat berbeda. Memasarkan jasa memiliki kesulitan tersendiri dibandingkan pemasaran sebuah produk. Perusahaan jasa berinteraksi secara langsung dengan kepuasan konsumen. Misal, ketika Anda pergi ke sebuah hotel, jika pelayanan awalnya tidak ramah dan tidak menyenangkan, pada saat itu kemungkinan besar Anda akan langsung memutuskan untuk tidak menggunakan lagi hotel tersebut di kemudian hari. Di dunia jasa, ketidakpuasan pelanggan sering kali di anggap personal dan kritis.

Dalam perusahaan jasa tujuan utamanya adalah kepuasan para pelanggan. Oleh karena itu, di dalam menentukan strategi pemasaran untuk perusahaan jasa perlu memperhatikan kualitas pelayanan jasa, proses pelayanan dan interaksi perorangan.

Strategi Pemasaran Yang Efektif Untuk Perusahaan Jasa

Mengelola bisnis khususnya di bidang usaha jasa memang tidak mudah. Seperti yang telah dijelaskan bahwa  strategi pemasaran memang sangat dibutuhkan untuk mengembangkan perusahaan jasa. Berikut ini beberapa strategi pemasaran untuk perusahaan jasa yang mudah dan efektif.

  • Mengoptimalkan Kinerja Staff Pekerjaes krim
    Di dalam perusahaan jasa, faktor karyawan adalah yang yang paling penting dan mendasar. Salah satu strategi pemasaran untuk perusahaan jasa adalah meningkatkan dan mengoptimalkan kinerja para karyawan dalam melayani kebutuhan konsumen. Jika karyawan dapat melayani para konsumen dengan ramah dan santun, maka otomatis para pelanggan akan merasa puas dan memberikan rekomendasi kepada teman – teman yang lainnya untuk datang ke perusahaan Anda. Karyawan adalah orang yang secara langsung terlibat dalam pelayanan perusahaan kepada konsumen. Oleh karena itu, kadang cara kerja para karyawan akan turut menentukan citra sebuah perusahaan tersebut.

  • Menawarkan Harga Yang Relatif Umum Dan Rasional
    Sebelum Anda menawarkan jasa kepada para konsumen, hendaknya Anda menentukan terlebih dahulu sasaran perusahaan yang akan dituju. Setelah Anda menentukan sasaran konsumen, Anda akan dapat menentukan harga yang pas bagi sasaran Anda tersebut. Menentukan harga yang cocok dengan kemampuan daya beli konsumen sasaran akan lebih menarik para konsumen untuk datang ke perusahaan jasa Anda. Harga yang ditawarkan kepada konsumen hendaknya sesuai dengan kualitas pelayanan yang Anda berikan. Hindari kekecewaan konsumen terhadap pelayanan perusahaan Anda. Persoalan harga merupakan hal yang sangat sensitif dan berpengaruh besar terhadap kemajuan perusahaan yang Anda kelola. Bila harga yang Anda tawarkan lebih tinggi dari kompetitor, pastikan kualitas jasa dan kemampuan staff juga melebihi para kompetitor. Pelanggan perlu merasa bahwa biaya yang mereka keluarkan adalah sesuai dengan kualitas dan hasil yang mereka inginkan. Ini sangatlah penting. Harga yang Anda patok akan mencerminkan tingginya kualitas pelayanan dari perusahaan jasa yang Anda miliki.

  • Memanfaatkan Tekonologi Yang Terkini
    tech
    Saat ini, teknologi memang telah merambah segala aspek kehidupan manusia, termasuk dalam dunia usaha. Salah satu strategi pemasaran untuk perusahaan jasa yang mudah diterapkan adalah dengan memanfaatkan teknologi seperti melakukan pemasaran secara online. Misalnya, Anda dapat menggunakan social media seperti Instagram untuk menampilkan gambar atau video mengenai jenis-jenis jasa baru yang kalian berikan, promosi, review dari konsumen, tour fasilitas Anda, dll. Adanya kreasi dan inovasi di bidang pengembangan teknologi akan sangat membantu Anda dalam memasarkan perusahaan jasa. Teknologi tidak hanya dapat Anda gunakan untuk pemasaran saja. Akan tetapi penggunaan kecanggihan teknologi juga sangat berguna bagi sistem pelayanan jasa Anda. Misalnya, Anda dapat mendaftarkan usaha Anda di Google My Business untuk memudahkan para calon pelanggan dalam menemukan lokasi perusahaan Anda di Google Map. Tujuannya agar para konsumen akan lebih merasa mudah dan dimanjakan dengan adanya teknologi yang ditawarkan.

  • Memberikan Layanan Yang Cepat Dan Tanggap
    Di dalam perusahaan jasa, hal yang pokok dan mendasar adalah mengenai layanan yang ditawarkan dan juga pelayanan yang diberikan kepada konsumen. Anda sebaiknya memberikan layanan yang tanggap dan cepat kepada konsumen agar para pelanggan merasa puas dan tidak kecewa. Misalnya pada sebuah restoran, hendaknya para karyawan di perusahaan Anda tanggap terhadap keinginan para konsumen. Jika pelanggan bertanya menu yang menjadi andalan dari restoran, maka sebaiknya karyawan langsung menanggapinya dengan cepat dan tepat.

  • Selalu Up-To-Date Terhadap Perubahan Dan Perkembangan
    happy
    Salah satu strategi pemasaran untuk perusahaan jasa adalah selalu mengikuti perkembangan yang terjadi di dalam dunia bisnis dan masyarakat. Jangan sampai Anda menawarkan pelayanan jasa dengan strategi yang terkesan kuno. Tentu budaya yang berkembang di lingkungan masyarakat saat ini akan sangat berbeda dengan budaya masyarakat yang berkembang di masa lampau. Contohnya, jangan berikan kode promosi melalui kupon atau karcis. Saat ini lebih murah dan efektif menyebarkan kode promosi melalui sosmed.

  • Selalu Tanggapi Keluhan Para Konsumen
    Di dalam mengelola perusahaan jasa yang selalu berinteraksi langsung dengan konsumen, maka persoalan keluhan merupakan hal yang umum. Anda dapat menanggapi keluhan dari pelanggan sebagai salah satu strategi pemasaran. Ijinkan konsumen Anda untuk menuliskan keluhan dan pertanyaan mereka di sosmed. Ini adalah kesempatan untuk menunjukkan para pelanggan lain bahwa perusahaan Anda bisa memberikan layanan terhadap keluhan-keluhan pelanggan. Tanggapan yang baik dan kritis terhadap keluhan dari konsumen akan membuat konsumen merasa senang dan cukup puas, sehingga mereka akan merekomendasikannya kepada rekan – rekannya.

  • Memberikan Penghargaan Atau Penguatan Positif Terhadap Pelanggan
    Rekomendasi yang dilakukan oleh pelanggan secara langsung kepada relasi atau rekan mereka akan sangat berguna bagi perusahaan jasa Anda. Salah satu strategi pemasaran yang efektif adalah dengan memberikan imbalan kepada setiap pelanggan yang membawa rekannya untuk menggunakan jasa Anda. Dengan memberikan imbalan kepada pelanggan setia Anda, mereka akan bermotivasi untuk melakukannyua. Anda dapat menawarkan promo – promo spesial. Contohnya pada perusahaan jasa perawatan tubuh dan wajah, bagi setiap konsumen yang berhasil membawa tiga orang temannya untuk berlangganan, maka akan mendapat voucher facial sebesar Rp 100.000. Hal itu sangat memudahkan Anda untuk menggaet konsumen – konsumen dengan strategi yang sederhana dan praktis.

Semoga artikel mengenai strategi pemasaran untuk perusahaan jasa yang praktis ini dapat bermanfaat bagi para pembaca.




Leave a comment

Please note, comments must be approved before they are published